skip to Main Content
KUNJUNGAN BELAJAR DALAM RANGKA PUNCAK TEMA KEBUTUHAN (Makanan) DI DESA BUNUT BAOK DUSUN BEGAK & DESA PUYUNG DUSUN BUNSUMPAK 31 OKTOBER 2019

KUNJUNGAN BELAJAR DALAM RANGKA PUNCAK TEMA KEBUTUHAN (Makanan) DI DESA BUNUT BAOK DUSUN BEGAK & DESA PUYUNG DUSUN BUNSUMPAK 31 OKTOBER 2019

Sebanyak 200 siswa/i  TKIT ANAK SHOLEH PRAYA  Kamis 31 oktober 2019 berangkat dari sekolah  berkunjung ke tempat pabrik pembuatan tahu dalam agenda Puncak tema KEBUTUHAN (Makanan). Dalam kunjungan tersebut terbagi kedalam dua kelompok yaitu kelompok A Kelas ( Ali, Ummar, dan Tallhah) berkunjung ke pabrik pembuatan tahu yang ada di Dusun Begak Desa Bunut Baok dan kelompok B Klas(Abu Bakar, Zubair, Usman, dan Abdurrahman) berkunjung ke Desa Puyung Dusun Bunsumpak.

Dengan salam perkenalan kami ustad dan ustadzah dan semua siswa/i TKIT ANAK SHOLEH PRAYA mengawali percakapan dan traveling mata menyaksikan bagaimana tahu yang sering kita makan, dibuat dari kacang-kacang yang mengandung protein tinggi (kedelai).

Walau lokasinya yang cukup pedalaman dan sangat tradisional namun siswa/i TKIT Anak Sholeh Praya tetap saja ceria karena sangat senang bisa melihat lansung proses pembuatan tahu secara lansung lalu bercakap ria dengan pemilik pabrik menanyakan tentang proses dan teknis pembuatan tahu.

Dilokasi siswa-siswi dikenalkan alat dan bahan serta cara pembuatan tahu. Selanjutnya siswa siswi juga dikenalkan produk olahan dari bahan kacang kedelai tersebut. Selain itu siswa diajak untuk tidak membuang sampah secara sembarangan, karena dapat menimbulkan pencemaran dan bahaya banjir.

Kepala TKIT Anak Sholeh Praya  , Winda Aminah, S.Pd  mengatakan, kunjungan ke Pabrik Tahu ini merupakan kegiatan Field Trip dimana, siswa dikenalkan tata cara pembuatan tahu dan produk turunan lainnya. Adapun puncak tema kali ini adalah tentang KEBUTUHAN (Makanan) sehingga dikenalkan tentang mamfaat tahu bagi kesehatan tubuh dan proses pembuatan makanan yang sangat merakyat ini. Siswa/i juga melihat secara lansung proses pembuatanya sehingga mereka tidak hanya memperoleh ilmu teori saja, namun dapat memahami proses pembuatannya hingga menjadi hidangan yang nikmat.

Dikatakan, Field Trip  karena merupakan studi lapangan yang dilakukan oleh siswa/i TKIT Aanak Sholeh Praya untuk melakukan pembelajaran atau dilaksanakan di luar sekolah artinya field trip ini merupakan kunjungan wisata atau kunjungan yang dapat menunjang pengetahuan anak melalui pembelajaran di luar kelas dengan mendatangi beberapa destinasi yang telah di tentukan. ini sering dilakukan dengan menyesuaikan tema. Seperti saat tema wisata maka kunjungan dilakukan ke Objek Wisata seperti kunjungan ke Taman Tonjeng beru Smart Garden.” Kami harapkan dengan kegiatan ini akan lebih mengenalkan lingkungan sekitar bagi anak.

Bapak pemilik pabrik Tahu sangat senang rombongan TKIT ANAK SHOLEH PRAYA berkunjung ke Pabrik nya, ia menceritakan pabrik Tahunya berdiri sejak tahun 1990 dan telah membuat aneka ragam produk turunannya dari susu kedelai, kembang tahu, tahu kuning dan lainnya. “iapun berharap dengan kunjungan ini adik-adik dapat menambah ilmu pengetahuannya, dan sekaligus mendoakan anak-anak semoga adik-adik TKIT ANAK SHOLEH PRAYA menjadi generasi yang cerdas, mandiri, dan dapat membanggakan kedua orang tu” tutup Dawan.

Semoga Kunjungan Belajar dalam Agenda Puncak Tema KEBUTUHAN (Makanan) Bermamfaat Bagi Pembelajaran Siswa/i TKIT Anak Sholeh Praya Amiin…..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *